Jakarta, CNN Indonesia

Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara menyambut pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 5,11 persen pada kuartal I 2024.

Suahasil berpendapat angka itu menjadi torehan Indonesia. Menurutnya, pencapaian itu didorong oleh perputaran uang selama Pemilu Serentak 2024.

“Lima koma sebelas persen itu angka yang cukup tinggi ya, itu menjadi basis, baik untuk pertumbuhan Indonesia 2024. Kita lihat kemarin pemilu berkontribusi, kita lihat konsumsi rumah tangga kan cukup tinggi,” kata Suahasil di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (6/5).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Suahasil menyebut pencapaian itu ditopang oleh konsumsi rumah tangga yang naik selama pemilu. Sektor itu mencatat pertumbuhan lebih dari 5 persen.

Belajar dari hal itu, pemerintah akan terus menggenjot konsumsi rumah tangga. Suahasil berkata sejumlah program akan tetap diterapkan agar ekonomi terus tumbuh dia sisa tahun ini.

“Insentif pemerintah jalan terus, PPnDTP, bantuan biaya administrasi, moga-moga bisa mendorong konstruksi dan mendorong investasi di kuartal-kuartal mendatang,” ujarnya.

Suahasil menambahkan, “Jadi, ini basis yang baru tapi kita ingin lebih tinggi lagi.”

BPS sebelumnya mengumumkan ekonomi Indonesia tumbuh 5,11 persen pada kuartal pertama 2024. Angka itu naik 0,07 persen dari kuartal terakhir 2023.

Plt Kepala BPS Amalia Widyasari menyebut pertumbuhan ini paling tinggi sejak 2019. Dia menyebut aktivitas ekonomi domestik menjadi pemicu pertumbuhan kuartal I 2024.

“Peningkatan mobilitas penduduk, pariwisata, dan aktivitas ekonomi lainnya selama pelaksanaan Pemilu 2024, hari libur nasional dan cuti bersama (termasuk libur menjelang Ramadan) turut menopang ekonomi domestik,” kata Amalia dalam konferensi pers, Senin (6/5).

[Gambas:Video CNN]

(dhf/sfr)






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *